Suka sama lagu, tapi gak tau judulnya? Pakai TrackID aja

Sering kali kita mendengarkan sebuah lagu, kemudian langsung suka. Iya, rasa suka memang suka datang sesukanya. *apasih

Kemudian timbul keinginan untuk memiliki lagu tersebut di dalam ponsel maupun MP3 Player kita. Apalagi di jaman sekarang ini cukup gampang untuk mendownload lagu secara gratis di internet. Bukan gratis sih sebenarnya, lebih tepatnya Bajakan. Atau lebih kerennya lagi Ilegal.

Hanya dengan menuliskan judul lagu di mesin pencari seperti Google.  Kita akan mendapatkan hasil pencarian, yang secara gamblang menuntun kita ke situs penyedia lagu yang sedang kita cari. Kemudian tinggal "Klik",  maka beberapa saat kemudian lagu tersebut sudah bisa kita nikmati kapan pun dimana pun.
Tapi jangan di tempat - tempat beribadah juga. Misalkan Di Masjid, malam takbir, bukannya takbiran malah remikan. Terus yang di remix lagunya gini, "Cintai aku karena Allah..sayangi aku karena Allah..bukan..na na..na na..nana.."
Astagfirullah...
Kok ya tega ngeremix begituan. Pas dengerin, mau joget kan jadi segan. *Ya nggaklah

Atau misalkan gak tau judul lagunya, gak tau penyanyinya. Tapi cuma inget penggalan liriknya. Tulis aja pengalan lirik lagu tersebut di mesin pencari. Maka hasil pencarian akan menunjukan liriknya secara lengkap. Berikut judul dan penyanyinya. Terus misalkan kita cari lagunya tapi gak ada. Tenang,  masih ada YouTube.  Kita bisa cari disitu, kemudian download untuk ditonton secara offline. Atau kalo memenang udah mental pembajak kayak gue,  bisa pakai cara pembajak. Tinggal copy linknya, terus paste ke YouTube Mp3. Disitu kita bisa mengconvert video ke mp3. Lalu klik, download.

Nah,  bagaimana kalo udah nggak tau judul lagunya. Nggak tau nama penyanyi, bahkan liriknya juga gak ngerti. Pas lagi naik kendaraan umum, terus supirnya bak DJ yang doyan lagu. Bentar-bentar ganti channel radio, nyari lagu yang dianggapnya enak. Kemudian ketemu, terus klik sama apa yang kita mau. Jangan buang-buang waktu, kalo ketemu sama orang yang udah klik gitu. Buruan deh dinikahin, takutnya ntar dia berubah. Atau malah akuisisi sama orang lain. *apasih

Nggak gitu lah.
Maksudnya kita juga suka, tapi gak tau judul lagu sama penyanyinya. Kemudian terngiang-ngiang siang dan malam. Nanya ke temen, dia gak tau. Iya, bagaimana dia bisa tau kalo kita sendiri cuma inget nadanya doang. Tapi bisa jadi sih temen kita  tau, soalnya gue pernah. Nanya kayak gitu,  cuma bilang "na na na nanana..na na na na na". Tapi peluangnya kecil sih. Apalagi, pas nanya itu tuh. Dia gue kasih tau nama penyanyinya. Sebenarnya gue cuma gak tau judul lagunya doang. Hehehe.. 😂
Tapi tenang saja, jika sering mengalami masalah seperti itu. Gue punya sok lu sinya,
TrackID™.

 TrackID™ adalah suatu aplikasi yang dikeluarkan oleh Sony Ericcson (sekarang bernama Sony Mobile Communications). Aplikasi ini memiliki fungsi untuk membantu mencari informasi mengenai suatu lagu berdasarkan suara.
Cara kerja Track ID ini adalah merekam sebagian sumber suara dan mengupload ke data server kemudian dikodekan secara khusus sehingga Track ID bisa mencocokkan dengan potongan lagu yang kita cari seperti judul lagu, penyanyi dan nama albumnya melalui Gracenote Server (database musik dunia yang paling lengkap).
*sumber, Wikipedia

Gue mulai kenal aplikasi ini sejak memakai ponsel Sony Ericsson beberapa tahun yang lalu.
Setelah ponselnya hilang di curi, gue udah gak pernah pakai. Lagi pula setelah itu, gue mulai memakai Samsung Windows phone, habis itu Samsung Android. Terus Smartfren Android.  Makanya udah gak pernah pakai. Dan sejak saat itu, gue mulai kesulitan lagi kalo suka sama lagu. Terus gak tau apa-apa. Ya paling nanya sih, sekalian modus.  Nanya lagu ke cewek itu, biasanya malah berujung pada obrolan yang mengasyikkan soalnya.  😝😝
Iya walaupun tujuan awal akhirnya malah gak tercapai. Tapi seenggaknya udah berhasil terlibat dalam obrolan mengasyikkan*Plak

Pas bongkar-bongkar tumpukan kertas, gue gak sengaja nemuin coretan lama. Yang mengingatkan pada TrackID.
Inilah coretan itu, ada nama penyanyi/band. Dan juga judul lagunya.

Kemudian gue iseng nyari di Play Store.
Ternyata ada, terus gue download. Oh iya, Aplikasi ini memang milik Sony. Tapi sama halnya seperti Sketch, Aplikasi untuk menggambar milik sony. TrackID juga bisa di download dengan ponsel merek lain.

TrackID yang sekarang jauh berbeda dengan yang dulu, dulu di tendang sekarang ku di sayang. Dulu dulu dulu ku menderita,  sekarang aku bahagia. *Halah
TrackID sekarang sangat canggih, fiturnya banyak.
- Bisa menemukan lagu hanya dengan hitingan detik.
- Secara otomatis, riwayat pencarian lagu kita akan tersimpan. Jadi ketika saat sibuk,  kita bisa tetap melanjutkan kesibukan kita. Gak perlu harus langsung download atau mencatat judul lagu dan penyanyi dengan alasan takut lupa. Kalo dulu sih iya, gue musti mencatatnya biar gak lupa.
- Bisa mode offline,  dengan mode ini. Kita bisa merekam dahulu lagu saat sedang tidak ada internet. Kemudian saat sudah ada internet, TrackID akan melanjutkan dan memberikan hasil penelusurannya.
- Ada fitur Previewnya juga, jadi setelah TrackID memberikan hasil. Kita bisa mendengarkan, apakah lagunya sama atau tidak.
- Kita juga bisa langsung menonton Video Musiknya di YouTube.  Gak perlu buka YouTube lagi, kita udah otomatis tersambung.
- Mendengarkan lagunya full, bisa. Soalnya terhubung juga dengan Spotify, layanan musik streaming, podcast dan video.
- Ada juga informasi tentang semua album sang penyanyi. Jadi saat mencari satu lagu, kita akan menemukan lagu-lagunya yang lain dari penyanyi ini. Bahkan informasi perilisannya juga ada. Tapi jujur, gue sih gak butuh informasi beginian. 😂
- Ada Chartnya juga, dari lokal dan global.
Jadi kita bisa tau, lagu apa saja yang sedang Hits dinegara kita, negara lain dan dunia. Gue jadi tau, lagu di Afrika Selatan itu gak cuma Nkosi sikelel' iAfrika aja. 😅
- Penggunaannya mudah, kita hanya tinggal mendekatkan ponsel kita yang TrackID nya udah aktif ke dekat sumber bunyi. Jika sedang mendengarkan radio pun, kita tinggal klik option, lalu pilih TrackID.  Maka dia akan langsung mencarikan informasinya untuk kita. Tak perlu loudspeaker lagi. Keren sekali bukan? 😎
Bukan.

Tapi meskipun keren.
Nggak selalu bisa ngasih hasil yang kita inginkan sih. Beberapa lagu Indonesia yang gue cari ternyata nggak dikenali. Kemudian pas  iseng, nyari judul lagu sunda. Malah di kasihnya penyanyi Rusia. Tapi kalo lagu-lagu global sih, semua dikenali. Pas gue nyari ost anime juga, dia bisa mengenali judul dan penyanyinya.

FYI ( For Your Information)
Indonesia menempati urutan ke 43 dalam daftar negara pendownload lagu secara Ilegal. Peringkat tersebut masih kalah loh jika dibandingkan dengan Malaysia yang ada di urutan ke 35 dan Singapura di urutan 32. Sedangkan peringkat pertama di tempati oleh negara Suaminya Bibi Sam. Yaitu Paman Sam, Amerika.  Seharusnya kita malu,  untuk masalah download lagu secara Ilegal saja, kita masih kalah sama Malaysia. Mari kawan-Kawan, kita perbaiki peringkat Negara kita tercinta ini. Jangan mau kalah sama Negara tetangga.
😂😂
*Di gampar calon mertua.
Baca :  Ayahnya Sherina Munaf.
(Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toko Buku Bekas di Ciledug

My Dol, Aplikasi yang bikin gue tambah ngenes

Kakak ade'an (kakak kakaan adek adean)