Langsung ke konten utama

Dream League Soccer, game bola yang wajib ada di android loe.

Kalo ngomongin game bola di hape, pasti ingetnya sama PES (Pro Evolution Soccer) besutan Konami. Real FootBall nya Gameloft atau FIFA milik EA sport. Karena selain ada di Playstation, game tersebut juga banyak dimainkan di hape.
Dari ketiga nama itu, gue udah pernah mainin semuanya. Awal-awal punya hape android, gue udah langsung punya PES, terus pas udah ganti hape gue kesusahan buat dunlud game itu lagi. Kemudian gue dunlud Real Football. Keren, bisa. Dengan memori yang hampir 1GB. Kelemahannya adalah di game ini, kita cuma bisa mainin sehari dua kali. Jadi dibuat seolah-olah seperti pemain bola beneran. Mereka gak cukup punya banyak stamina untuk bisa dimainkan nonstop. Satu-satunya jalan adalah dengan membeli stamina, dan itu dengan duit beneran.

Gak kuat dengan Real Football, gue ngelirik FIFA, tapi kata temen sama aja. Memorinya terlalu banyak dan harus online.
Padahal jaman belum ada hape android, gue bisa mainin semua game ini tanpa batasan waktu. Kapan aja gue mau, mereka punya stamina yang tak terbatas untuk dimainkan. Rasanya  jadi kangen banget sama hape Sony Ericsson G502 gue yang dicolong orang. Disitu gamenya banyak banget padahal.
X'D

Gue udah gak maen game bola di hape lagi sejak itu. Bukannya tanpa usaha, gue tetep berusaha nyari game bola yang bisa dimainin kapan aja. Tapi nihil, semua game bola yang gue dunlud tuh gak jelas banget, asli.

Setelah sekian lama, akhirnya nemuin juga game bola yang menurut gue bisa disandingkan dengan tiga game bola papan atas tadi. Iya meskipun masih banyak kekurangan.

Awalnya  anak tetangga gue maen game. Gue denger suaranya riuh kayak lagi maen bola. Pas gue tanya, dia kasih tau nama gamenya. Terus gue minjem sebentar, nyoba mainin. Ternyata emang cukup bagus.

Dream League Soccer.
Game bola yang memorinya gak sampai 200MB ini tuh bener-bener bikin kecanduan.

Awalnya kita disuruh milih tim kita sendiri. Dengan susunan pemain yang ala kadarnya. Kalo gue, pemain bagus yang gue punya satu-satunya adalah Zabaletta. Tim ini ada di divisi tiga, tugas kita adalah membawanya menjuarai divisi ini, lalu naik ke divisi dua, kemudian ke divisi satu, baru kemudian berlaga di divisi elit.

Di setiap divisi kita memainkan 15 pertandingan. Lawannya disesuaikan juga tiap divisi. Di divisi tiga timnya lemah, divisi dua masih lemah, divisi satu lumayan dan di divisi elit, lawannya berat. Semua tim papan atas dari berbagai liga ada. Mulai dari Barca, Madrid, Munchen, Juventus, MU, Man City, Chelsea dan tim papan atas lainnya.
Selain memainkan 15 pertandingan di liga, kita juga mengikuti cup dengan sistim gugur. Kalo kita bisa memenangkan semuanya termasuk laga final, lalu menjuarai liga. Berarti kita memiliki dua piala, double winner. Barulah kita bisa naik ke divisi berikutnya.

Tapi meskipun kita berada di divisi tiga lalu melawan tim-tim cemen, bukan berarti perjuangan kita mudah. Karena para pemain di tim kita juga cemen. Untungnya, kita bisa beli pemain denga coin yang bisa kita dapatkan dari bermain. Disetiap pertandingan,  jika berhasil menang kita akan dapat coin. Lalu jumlah gol, clean sheet, dan dari hasil stadion bisa memberikan kita coin tambahan. Tapi kalo gak sabar ngumpulin, kita bisa mendapatkan coin hanya dengan nonton iklan yang ada di game ini. Untuk setiap video iklan yang berdurasi cuma beberapa detik, kita bisa dapat 30 coin.

Awalnya gue juga kayak gitu, tapi lama-lama kasian sama pemain yang udah bahu membahu membesarkan tim gue dari bawah. Ketika sudah diatas, gue mengganti mereka dengan pemain terkenal seperti Messi, Ozil, Wallcot, Ramos, Rojo. Kataku gue kasian banget.
Apalagi setelah gue taruh mereka di daftar free transfer, mereka gak kunjung ada yang mungut. :'D

Padahal, di game ini ada fitur Player Developmentnya. Dengan fitur ini kita bisa mengimprove para pemain kita, mulai dari
~Individual player training
~Fitness
~Distribution
~Defending
~Ball skills
~Shotting
~Goal keeping
Untuk sekali mengimprove, kita dikenai tarif 30 sampai 50 coins. Tapi imbalannya para pemain kita jadi berkembang.

Tapi kalo pengen bikin tim impian yang bTapierisikan para pemain bintang, caranya ya beli pemain. Ada fitur transfer, sayangnya kita gak bisa ngejual pemain kita. Jadi kalo pemain kita ada yang nganggur, yaudah kita lepas mereka secara gratis. Fitur transfer di game ini meliputi
~Free transfer, kita bisa mendapatkan pemain secara gratis tapi dengan kemampuan ala kadarnya.
~Unlock classic player, disini ada semua pemain sepak bola legendaris yang udah  meninggal maupun sudah pensiun. Gak perlu ribet ribet pake jutsu edo tensai. Karena dengan membayar beberapa ratus coins, kita bisa unlock mereka terus kita beli. Harga keseluruhan sih lumayan, sekitar 1000 untuk unlock dan 1000an untuk beli pemainnya. Tapi sekali unlock, semua pemain legendaris itu otomatis udah kebuka, bisa dibeli kapan aja tanpa harus bayar unlock lagi.
Release player, ini kalo pemain kita berlebih. Daripada kita pehape mereka, mending kita masukin ke daftar free transfer. X'D
~Create player, Ini yang paling gue suka. Jadi gue bisa ngebangun pemain sendiri. Mulai dari nama, warna kulit, warna rambut, model rambut, posisi bermain. Dan gue berasa keren karena pemain hasil bikinan gue yang namanya pake nama gue sendiri ini bisa bersanding di depan dengan Lionel Messi. Kyaaaa... >,<
*Halah
~Player Search, dengan ini kita bisa nyari pemain yang ingin kita beli. Misalkan kita cari Lionel Messi,  maka dia akan langsung keluar dan bisa kita beli. Dan gak tau kenapa, tiap gue ketemu barca, maka gue gak bisa temuin Messi disana. Cuma ada Suarez sama Neymar. Mungkin karena udah gue beli. Tapi anehnya, saat bersua Manchester City, ada dua Zabaletta di situ. Satu pemain gue satunya lagi pemain Man City.  X'D

Gue terkesan banget sama game satu ini. Soalnya bener-bener bisa bikin gue apa ya? Deg-degan kayak pas status gue dikomentarin sama cowok yang gue suka,  chat gue dibales sama cowok yang gue suka, atau lagi nungguin chat gue dibales sama cowok yang gue suka. *Ditabok.
Ya nggaklah, pokoknya menurut gue Excited ini game.  Paling excited itu tuh pas gue mau double winner di divisi satu. Waktu itu di liga, poin gue jumlahnya sama dengan poin tim dibawah gue. Dan itu adalah pertandingan ke 14, itu artinya satu kali pertandingan lagi bakal ketauan siapa juaranya. Kemudian pas maen, di babak pertama gue ketinggalan 2-0. Babak kedua gue kesulitan, tapi pas udah menit ke tujuh puluhan, gue bisa bikinin 3 gol. Kemudian skornya berakhir 3-2 dengan tim gue yang keluar jadi pemenang. Padahal sebelum laga penentuan ini, di Cup tim gue terpaksa adu penalti di laga final, boo.. Gue aja nonton bola kalo laga penalti, gak pernah berani nonton, Serius. Ini gue malah udah harus ngontrol pemain yang nendang bola juga harus ngontrol penjaga gawang. Gimana gue nggak deg-degan coba, gilakk aja. *elu om yang gilak. -_-

Pokoknya ini game gilak banget bagi gue, setelah due otak dan Prince Of Persia yang judulnya apa itu gue lupa.
Untuk Duel otak, gue keranjingan karena ada satu temen gue yang gak pernah bisa gue kalahin. Reseh banget, mana dia cewek lagi. Pembelaan gue hayalah, wajar lah gue kalah, lawan gue aja dosen. X'D *mencari pembelaan.
Terus kalo Prince Of Persia, jadi waktu main game itu tuh, kan di gamenya. Si Prince nya ini ngelawatin halangan dan ngalahin musuhnya tuh dibantu sama cewek. Jadi di game itu kita mainin dua karakter, seringnya sih kita juga mainin si prince aja, tapi beberapa kali kita juga harus gantian mainin si cewek tadi itu. *duhh..gue mainin cewek masak X'D
Nah, di akhir game. Si cewek itu tuh harus mengorbankan dirinya, iya...si cewek harus mati. Disitulah gue ngerasa gimana gitu. Lebih tepatnya gue ngerasa kehilangan masak. Iya gue pikir setelah semuanya dilewatin bareng-bareng, kenapa harus mengorbankan diri? Baper banget asli itu game. X'D *Halah

Maklum yah lah...
Untuk seseorang yang gak punya kehidupan sosial, Introvert dan gaje kayak gue, yang temen aja gak punya. Makanya bagi gue hal-hal absurd kayak gitu tuh sesuatu banget. X'D
*Halah

Takada hubungan pertemanan yang tak retak. Jadi sedekat apapun suatu hubungan pertemanan, pasti ada retaknya. Tinggal merekanya aja, mau memperbaiki retaknya atau membiarkannya menjadi hancur. *Halah

Dan sepandai pandainya tupai melompat, suatu hari pasti akan jatuh, cinta juga.

Loh ini apa coba? Norak banget asli. X'D
Oke serius, tidak ada gading yang tak retak. Termasuk game bola satu ini. Kalo dari tadi gue ngebual tentang apa yang menurut gue game ini keren. Sekarang gue akan ngebual tentang minusnya game ini.

Di game bola yang satu ini, kita nggak bisa milih club yang ingin kita mainin. Jadi jangan ngarep bisa milih pertandingan, elu make Real Madrid terus ngelawan Barca. Itu sama sekali gak bisa, karena dari awal tim kita ya cuma satu. Dan pertandingan yang bisa kita mainkan hanya liga, cup dan persahabatan. Di pertandingan persahabatan pun kita tidak bisa memilih bakal lawan siapa.

Kalo misalkan bosen, paling kita cuma bisa iseng di fitur training. Tapi bisa melatih skill kita loh. Soalnya di training mode ada pilihan juga.
~Free training
~Left corner
~Penalty
~Free kick
~Right corner
~Penalty save

Kemudian untuk game options.
Sayang banget disini nggak ada waktu yang bisa kita pilih untuk pertandingan. Kita cuma bisa pasrah aja sama waktu yang menurut gue singkat. Untuk levelnya juga nggak ada, misalkan beginner, easy, hard, dificult. Gitu-gitu nggak ada, gantinya adalah kesulitan di setiap divisi berbeda-beda. Sekarang ini, gue belum bisa menjuarai liga di divisi elit. Gue yang payah sih. X'D

Kalo kita buka menu game options.
Isinya cuma
~ Camera type
~Camera distance
~Auto replay
~Languange

Terus untuk display setting
~Radar
~CPU player names
~Directions marker
~Analogue stick
~Virtual buttons
~Score display

Audio
~Sfx volume
~Music volume, menurut gue musiknya keren-keren loh, serius. >,< *Halah
~Commentary

Control
~Auto switch
~Fixed analogue stick
~kick ass, maaf kick assist maksud saya. *Plak
~Cross assist

Sama satu lagi, yang bikin gue kesel sama game ini adalah, saat gue lagi mengejar ketertinggalan. Waktunya kayak terkesan di cepetin gitu, lalu dikit-dikit gue di bilang melukan pelanggaran. Ini serius, masak gue pernah ditackle sampai jatuh, tapi malah gue yang melakukan pelanggaran? Kan aneh banget. Pokoknya gue ngerasa dizolimi sama si wasitnya. Kokoro ini sakit..
(T~T) *Halah
Terus ituan, kalo gue di jatuhin lawan, bangunnya tuh luama buanget. Pemain gue kayak tidur gitu, kalo bisa dijitak. Pengen gue jitak rasanya. X'D

Tapi overall, menurut gue game bola ini emang wajib ada di hape kita yang suka sama sepak bola. *Halah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toko Buku Bekas di Ciledug

Ciledug adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia. Selain itu, Ciledug juga merupakan pusat industri hijab/jilbab yang terbesar di Indonesia. Kecamatan Ciledug dan sekitarnya banyak terdapat pabrik tekstil terkemuka seperti : PT. Kahatex, PT. Dewhirst, PT.Vonex , PT. Sunson, dan masih banyak lagi. Pabrik ini memproduksi dan memproses bahan tekstil mulai dari bahan mentah sampai menjadi benang dan kain (cotton, polyester, Lycra dan denim) Oleh karenanya industri KUKM yang berkembang di Ciledug dan sekitarnya kebanyakan industri yang memproduksi sandang diantaranya jilbab / kerudung muslimah. Jangan heran kalau produksi kerudung / jilbab dari ciledug mempunyai model / bahan yang beragam dengan harga yang lebih murah dibanding daerah lain. Sehingga Ciledug banyak disebut sebagai Sentra Kerudung. Sumber, Wikipedia. Serius,  saya baru tau kalau Ciledug itu ternyata adalah sebuah Kecamatan. Saya pikir, Ciledug itu adalah sebuah Kota. 😂 *Bego ban

Tuturu, Aplikasi Yang Bisa Ceriakan Hari Para Pecinta Anime

Nggak tau harus mulai nulis darimana. *Cielah Iya.. Gue tau Aplikasi Tuturu ini secara nggak sengaja. Ketika lagi jalan-jalan di Playstore, mata gue tertuju pada seonggok karakter anime chibi yang imutnya minta ampun. Karena tertarik,  gue lalu klik. Cari tau tentang Aplikasi tersebut.  Dari keterangan Aplikasinya sih kurang meyakinkan, tapi ketika gue baca review dari para user yang udah download Aplikasi tersebut.  Gilakkk.... Baru kali ini gue nemu komentar di sebuah aplikasi yang isinya akur semuanya.  Damai banget rasanya Indonesia kalau tanpa perbedaan gini. Semuanya satu suara, nggak ada yang bilang Aplikasi ini tuh jelek. Nggak ada yang ngejelek-jelekin apalagi sampai ngata-ngatain. Nggak kayak kebanyakan pendukungnya pak Jokowi dan pak Prabowo . Serius,  mereka satu suara. Padahal selama ini tuh gue hampir selalu saja nemuin komentar yang nggak pantas di setiap Aplikasi maupun Game yang ada di Playstore. Gak buang waktu, gue pun langsung download. Dan ternyata eman

Kakak ade'an (kakak kakaan adek adean)

Psssttt..... Sering denger istilah kakak adekan? Tentu sering lah ya! orang udah basi juga gituh! Tapi biarlah,karena  sesuatu yang basi terkadang sering jadi bahan pergunjingan(?) *plak Ini kisah kakak adekan yang aku jalani.  Jujur awalnya males banget gituh sama yang namanya kakak kakaan adek adekan. Risih aja gituh kalo ada cewek manggil kakak, mending aku di panggil apa aja asal jangan panggil kakak. FYI, hubungan kakak adekan itu seringnya sih antara cowok dan cewek. Aneh banget lah ya kalo ada cowok sama cowok kakak adekan.Tapi kalo antar  cewek sih masih dimengerti. Sebelumnya aku bilang aku nggak tertarik sama hubungan kakak adekan. Tau nggak kenapa? Itu karena menurutku aneh banget kalo kakak adekan itu bisa akur. Perasaan adek kakak itu tiap hari berantem deh, boro boro nanya kabar? udah makan belum? lagi ngapain? Apa ceritamu hari ini? Good night have nice dream! Pagiii have nice day! Etc,dll,dst. Itu tuh banteng duduk (bull sit) banget tau gak sih. Prakteknya adek kak